Jakarta, 6 Agustus 2024 – Wali Kota Metro diwakili oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Metro, Dra. Rosita, MM, menghadiri acara penyerahan duplikat Bendera Pusaka kepada semua kepala daerah se-Indonesia. Acara ini diselenggarakan oleh Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Penyerahan duplikat Bendera Pusaka dilakukan langsung oleh Kepala BPIP RI, Yudian Wahyudi.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Sekretaris BPIP RI, dijelaskan bahwa penyerahan duplikat Bendera Pusaka ini dilaksanakan selama tiga hari dan dihadiri oleh 205 Bupati/Wali Kota dari seluruh Indonesia. Acara ini merupakan bagian dari amanat Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Peraturan tersebut menyatakan bahwa BPIP bertugas membuat dan mendistribusikan duplikat Bendera Pusaka kepada pemerintah pusat, pemerintah daerah, perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, serta lembaga-lembaga lainnya.

Sejak tahun 1969 atau dalam kurun waktu 55 tahun, duplikat Bendera Pusaka baru kembali didistribusikan pada tahun 2024. Penyerahan duplikat Bendera Pusaka ini menjadi salah satu langkah penting menjelang peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024.